biologis vs kronologis

Berapa usiamu? Biologis VS Kronologis...
Posted:2009-03-30 16:17:17

Seringkali ketika Shafanna jalan sama kakaknya selalu ia yang disangka sebagai kakak. Padahal usia Shafanna dengan kakaknya terpaut lumayan jauh. Nggak jarang juga dia disapa “ibu“ ketimbang “mbak’“.. mmh.. Bila tampang dan potongan terlihat lebih tua dari usia emang nggak enak banget. Nggak mau kan terlihat tua dari usia kita yang sebenarnya? Nah berikut ada beberapa hal kecil yang berpengaruh terhadap usia bilogismu.

Usia BIOLOGIS vs KRONOLOGIS

Lahir 25 November 1985. tentu berapa usianya kamu bisa hitung. Ya 23 tahun lewat 4 bulan. Nah usia itulah yang disebut dengan usia Kronologis.

Lalu apa itu usia biologis?

Berbeda dengan usia kronologis yang mempunyai hitungan pasti. Usia biologis lebih berkaitan dengan kondisi sel dan jaringan – jaringan tubuh. Jadi walaupun kamu dan teman kamu usia kronologisnya sama bisa jadi usia bilogisnya beda. Contohnya Shafanna yang berusia 22 tahun tapi mempunyai kondisi fisik setara dengan usia 30 tahun. Itu artinya usia biologis Shafanna lebih tua 8 tahun dari usia kronologisnya.

Faktor Penyebab...

Banyak hal yang meyebabkan usia biologis kita cenderung cepat melesat dibanding usia kronologis. Diantaranya gaya hidup yang tidak seimbang pola makan yang tidak sehat seperti kurang konsumsi serat dan vitamin. Lebih sering makan junk food soft drink makanan instant dan kondisi psikologis yang mudah stres.

Menahan laju usia biologis...

Bagaimana agar usia biologis kita dapat ditahan agar kita terlihat lebih muda atau paling tidak sesuai dengan usia biologis kita?

- Always be happy..ha ha ha..

Selalu berpikir positif dan merasa bahagia. Wajah yang berseri – seri akan membuat kamu terlihat lebih muda. Bener juga lho kata orang kalau marah itu bikin cepat tua. Lebih baik rileks dan seringlah tertawa karena dapat membuat kita lebih happy.

- Istirahat cukup! Zzz..zz..zz

Kamu sering begadang? Lebih baik kurangi tuh. Karena manusia butuh istirahat paling tidak 6-8 jam. Selama tidur kamu nyenyak tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan yang berfungsi meremajakan jaringan tubuh yang telah aus. Selain itu dengan tidur yang berkualitas dapat membuat kulit terlihat lebih segar.

- U are what u eat.. yummy!

Apa yang kamu konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap organ ditubuhmu. Konsumsilah makanan yang sehat. Seperti tempe makanan dari kedeali ini mengandung antioksidan dan bisa meningkatklan kadar nitrogen yang berfungsi membentuk jaringan sel baru. Minum air putih 8 gelas sehari. Banyak mengkonsumsi serat dan vitamin C paling tidak 1000 mg perhari. Nge-teh juga baik buat kesehatan dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Ya kamu bisa mengurangi konsumsi kopi dengan teh.

- Olahraga

Berolahraga adalah salah satu cara ampuh agar awet muda. Rutinlah joging jalan cepat bersepeda maupun berenang sekitar 30 menit setiap hari. Dengan berolahraga secara teratur dapat menambah fleksibilitas otot memperkuat tulang serta mengurangi stres karena sel-sel tubuh mendapat lebih banyak oksigen. Tidurmu pun akan lebih nyenyak. (noe/noe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar