sebenernya gk perlu d baca

MASTURBASI itu...
Posted:2009-04-13 14:30:34

“Masturbasi“ mungkin istilah ini sudah sering mampir di telinga kita banyak fakta dan mitos yang berkembang mengenai hal ini. Mau tahu pengetahuan seputar masturbasi? Berikut beberapa hal yang bisa kamu ketahui sebagai pendidikan seksual mengenai masturbasi dan efeknya.

Apakah masturbasi itu?

Kata masturbasi sendiri berasal dari bahasa Latin “mastubare” yang merupakan gabungan dua kata Latin manus (tangan) dan stuprare (penyalahgunaan) sehingga berarti "penyalahgunaan dengan tangan".

Masturbasi atau onani adalah rangsangan disengaja yang dilakukan pada organ alat kelamin untuk memperoleh kenikmatan dan kepuasan seksual. Kegiatan seksual ini biasa dilakukan oleh pria maupun wanita. Tapi secara persentase pria lebih sering melakukan masturbasi ketimbang wanita.

Adakah efeknya?

Banyak mitos berkembang di masyarakat mengenai akibat masturbasi. Seperti sperma yang bisa menjadi encer masturbasi bisa membuat mandul dll. Benarkah itu?

Secara medis masturbasi tidak menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan. Sejauh ini belum pernah ada penelitian mengenai efek samping dari masturbasi. Namun seperti layaknya hal lain apapun yang dilakukan berlebihan tidaklah baik dan bisa menimbulkan dampak buruk.

Seseorang dengan kebiasaan terlalu sering masturbasi dapat mengalami perubahan pola tidur ansietas (kecemasan/panik) lemas stress terkadang mengakibatkan gangguan konsentrasi dan memori yang pada akhirnya dapat juga menyebabkan disfungsi ereksi dan impotensi (karena faktor psikologis tersebut). Selain itu apabila masturbasi menggunakan alat-alat yang tidak bersih maka ada kemungkinan terjadinya infeksi.

Kebiasaan masturbasi juga nggak berpengaruh terhadap kesuburan seseorang maupun gangguan ereksi. Penyebab gangguan kesuburan pada wanita biasanya berkaitan dengan proses ovulasi (gangguan hormon - ditandai dengan mentruasi yang tidak teratur) radang panggul endometriosis atau kelainan bentuk rahim.

Tubuh manusia memiliki mekanisme keseimbangan yang sedemikian sempurnanya. Sperma dihasilkan beberapa jam sekali. Apabila tidak dikeluarkan secara sengaja tubuh secara otomatis akan mengeluarkannya melalui mimpi basah. Apabila produksi masih banyak maka tubuh dapat menyerap produksi sperma kembali.

Nilai positifnya…

Sebenarnya jika dilakukan dalam frekuensi yang tepat dan dalam batas normal masturbasi bisa melatih seseorang untuk mengontrol penerimaan dan sensitivitasnya terhadap stimulasi fisik atau rangsangan seksual. Sehingga dapat belajar bagaimana mengontrol dan menunda orgasme.

Alangkah baiknya apabila sudah kecanduan dan timbul keinginan untuk melakukan masturbasi cobalah alihkan ke hal lain yang lebih positif seperti olahraga atau melakukan hobi kita lainnya. (noe/noe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar